Strategi Ampuh Promosi Soft Selling di Sosial Media

Social media merupakan media yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan bersosialisasi dengan orang lain. Dengan kata lain, social media ini merupakan wadah bagi para pengguna atau masyarakat untuk berinteraksi dengan orang lain atau berbagi berbagai macam informasi dengan orang lain.

Maraknya social media menjadi salah satu peluang untuk sebagian orang yang memiliki usaha. Kita tau banyak online shop yang mempromosikan produknya lewat social media. Dalam penjualan produk itu sendiri diperlukan metode untuk bisa melakukan pendekatan dengan konsumen. Metode penjualan soft selling merupakan salah satu cara yang sering digunakan.

Teknik penjualan soft selling ini merupakan salah satu cara melakukan penjualan dengan tidak langsung. Dengan kata lain, anda menawarkan sesuatu yang lain terlebih dahulu lalu kemudian baru menjual produk dengan pendekatan yang halus.

Namun meski begitu, tidak semua produk atau pun saja selalu efektif dengan menggunakan metode soft selling, karena ada juga yang perlu untuk menggunakan metode hard selling. Maraknya social media menjadi salah satu peluang untuk melakukan penjualan produk. Oleh karena itu, untuk melakukan penjualan dengan menggunakan metode soft selling di social media ini diperlukan beberapa strategi.

 

Strategi Melakukan Metode Penjualan Soft Selling di Social Media

Dalam melakukan teknik penjualan soft selling, pertama-tama anda harus menentukan terlebih dulu alur dan juga mengidentifikasi siapa yang akan menjadi konsumen atau market anda. Jika anda akan menjual suatu produk, mungkin anda dapat memulainya dengan membuat website atau artikel yang berisi tentang karya-karya anda atau penjelasan yang berkaitan dengan produk yang akan anda jual. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi orang-orang dan juga membangun kepercayaan bahwa anda memang memiliki kualitas yang cukup baik. Sehingga ketika nanti anda melakukan selling, anda telah lebih dulu mengantongi kepercayaan dari orang-orang. Jadi anda akan lebih mudah melakukan soft selling.

Langkah yang kedua untuk melakukan metode penjualan soft selling di sosial media adalah dengan memberikan value untuk orang lain. Sebelum menjual produk atau jasa, sebaiknya berikan manfaat terlebih dahulu untuk orang lain. Hal ini berguna untuk membangun rasa percaya dari orang lain sehingga akan lebih mudah bagi anda nantinya untuk menawarkan produk atau jasa yang anda punya. Anda dapat memberitahu value anda, namun jangan berusaha untuk menjual apalagi memaksa. Anda cukup memberitahu bahwa anda menyediakan pilihan untuk mereka. Setelah itu, biarkan orang lain yang datang dengan sendirinya. Anda dapat menjelaskan mengenai manfaat dari produk atau jasa anda, syarat dan cara membeli, jaminan yang diberikan dan juga yang lainnya.

Langkah selanjutnya dalam melakukan soft selling adalah dengan terus mempromosikan konten anda. Disini anda bukan mempromosikan produk atau jasa yang anda tawarkan, namun lebih kepada konten anda. Dengan begitu, anda dapat menyebarkan sekaligus memperluas value yang anda berikan. Biarkan orderan datang sendiri. Sehingga anda tidak perlu melakukan promosi yang bersifat seperti memaksa orang lain untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang anda tawarkan.

 

Cukup mudah bukan cara melakukan soft selling?

Soft selling yang dilakukan di social media tentu akan lebih efektif karena social media merupakan media yang banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh banyak orang. Dari kalangan remaja hingga dewasa juga menjadikan social media sebagai salah satu wadah untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Jadi untuk anda yang berencana untuk melakukan usaha menjual suatu produk dengan memanfaatkan beberapa social media, sebaiknya memilih metode penjualan soft selling sebagai metode efektif untuk melakukan penjualan. Terlebih tidak semua konsumen menyukai metode hard selling, sehingga soft selling merupakan pilihan yang tepat.

By | 2017-10-20T11:36:24+00:00 October 19th, 2017|Tips n Trik|0 Comments

Leave A Comment